Wednesday, September 22, 2010

Udara tipis + pergerakan partikel

Wuaaah, dah lama banget ga nge blog, n sebernya tetep aj ga niat nge blog :p.
Nah, kenapa mulai nulis lagi? 2 minggu lg ujian! oh my Lord, masih tetep ga ngerti apa gw pelajari, weh mumet! oleh karena itu mulai nulis, at least buat belajar sendiri.

Kali ini temanya tentang : tekanan(udara), distribusi kecepatan, mean free path, 入射頻度, n perpindahan panas.

maap kalo bahasanya kacau beliau, ada yg gw ga ngerti terjemahannya, ada yg gw sendiri ga ngerti gw nulis apa ehehehehe :D

ok, let's start!

1. TEKANAN UDARA
review dari tulisan sebelumnya, di dalam udara terdapat partikel, partikel bergerak seenak udel dan membentur ruang di sekitarnya. Benturan dengan ruang disekitarnya menimbulkan TEKANAN.



Besarnya tekanan tergantung dari jumlah partikel yg membentur dinding. Di lingkungan tempat kita hidup ini, dalam kondisi 0 derajat, ada 6.022E23 partikel per 22.4 liter.
Bukan kata gw, tapi kata si Avogadro. Jadi (disclaimer) kalo kalian ada yg iseng ngitungin, n jumlah partikelnya kurang ato lebih, jangan protes ke gw, tapi tolong protes ke Avogadro!

2. Distribusi kecepatan partikel
Sumpah, ngerasa ga qualify banget nulis ini, kalo salah mohon maaf lahir batin.
Anyway seperti yg sudah ane tulis diatas, parikel itu gerakannya acak acakan, so pasti kecepatan partikel yg satu dan yang lain berbeda. Nah, buat ngitung kecepatan rata2 partikel ini, dipakelah distribusi Maxwell-Boltzman.

Kenapa pake Distribusi Maxwell-Boltzmann?

Inilah saatnya gw menyesal dulu lebih hobi baca koran bola daripada dengerin kuliah Fisika, so mohon maaf alesannya ga ngerti ^^; itung punya itung, hasilna jreng jreng! kecepatan rata2 partikel adalah:



k = konstanta Boltzman = 1,381E-13 J/K
T = temperature (Kelvin)
m = massa sebiji partikel (kg)

3.mean free path
Okeh, intinya mean free path itu jarak rata2 yg ditempuh partikel sebelum membentur partikel lainnya. rumus, liat di bawah :



rumus (28) buat ngitung kalo semua partikel di sekelilingnya ga bergerak (alias ga bakal kepake), so pake rumus no 29.
lambda = mean free path
n = konsentrasi partikel (partikel/volume)
epsilon = jarak terdekat antar pusat partikel(kalo partikelnya sama epsilon = diameter).

4.入射頻度
Dah coba nyari terjemahan inggrisnya, tapi masih kurang beruntung. bacanya sih nyuushahindo. Dipake untuk menyebut berapa banyak partikel yg membentur satu satuan luas dalam satu satuan waktu.



n = konsentrasi gas (partikel/volume)
v = kecepatan rata2 partikel

5. Perpindahan panas
Anggap kita punya satu ruang yg di sekat jadi 2 trus di tiap sisi di berikan temperatur yg berbeda seperti di bawah ni:



QUIZ: apakah tekanan di sekat kiri sama dengan yang di kanan?
ANSWER:


tergantung dari mean free path yg tadi sih. kalo mean free path nya pendek dan benturan antar partikelnya sangat sering, tekanan di kiri dan kanan bisa dianggap sama. rumus no (52) bisa dipake.

kalo misal mean free path nya panjang n benturan antar partikel amat sangat jarang sekali, tekanan di sekat kiri dan kanan ga sama. ngitungnya pake rumus(54).

sekian untuk tema kali ini, nantikan seri seri ga penting selanjutnya ^^

No comments: