Thursday, September 25, 2008

"Mau kemana mas??" (perjalanan mencari sebuah alamat)

Coba bayangin kita baru pertama kali nginjek jakarta, sendirian, ga tau arah, trus mau ke rumah sodara misalnya... hmmm....trus kita nanya

"mas/mbak, saya mau ke 'sono', saya mesti naik bis apa ya...?"

atau

"mas/mbak, kalo mau kesini gimana caranya ya?"

gitu kan biasanya kalo kita nanya arah, nah jawabannya macem - macem kan, tergantung siapa yang ditanya. kalo ketemunya orang yang takut kita ngapa2in (maklum jakarta) bilang "ngga tau", trus kabur. kalo nanya sama abang2 jualan, kalo pas ketemu yang jutex dibilang "beli ngga ini, nanya doang!". belum kalo orang iseng, dikasi tunjuk jalan asal2an bisa kita, ato malah bukannya dapet alamat, kena palak ma perman lokal iya gara2 pendatang. belum kalo ketemunya supir taksi, ojek, bajaj yang aggresive, belum kita nanya malah dah ditanya duluan, "mau kemana mas? ayo saya anterin" sambil narik2 barang bawaan kita.

kalo misalnya dikasi tau bener pun, belum tentu perjalanan kita lancar. mesti nunggu angkot/bis penuh dulu, ditengah jalan dioper ke bus lain karena penumpangnya dikit, di tengah jalan supirnya ngetem, ato malah diturunin di tengah jalan -untuk alasan yang mending ga usah ditanyain- bukan barang baru lagi.

weleh ribet ya...mau silaturahmi ja susah.

Nah kalo di Jepang mungkin hal hal kaya gini ga akan terjadi. selain orangnya ramah(atau pura2 ramah) kalo ditanyain, transportasi di Jepang mungkin termasuk salah satu sistem transportasi yang paling tertata rapi di dunia. seperti diketahui, alat transportasi paling populer di jepang adalah kereta. hampir tiap daerah punya stasiun masing masing. saking banyaknya sampe ada dua tempat yang cuma dipisahkan sama kali juga punya stasiun masing masing. selain itu kereta disini juga terkenal ontime -asal ga ada kejadian di luar dugaan kaya orang bunuh diri di jalur kereta, atau angin topan dll - baik jam berangkat ataupun sampainya. kalo pun ngaret biasanya paling cuma 1 menitan.

alternatif dari kereta adalah bus. walau jangkauannya ga seluas kereta, juga ga se-ontime kereta, bus disini juga di kelola secara profesional. ga ada yang namanya tunggu bus penuh, ngetem di jalan, oper penumpang dll. kalo jamnya berangkat ya berangkat, ada penumpang atau pun engga.

ok, balik lagi ke masalah semula, nyari alamat. disini kalo mau ke suatu tempat, biasanya yang dicari pertama adalah stasiun terdekat. nah kalo udah tau stasiun terdekatnya dimana, kalo kita ngga ngerti cara perginya kita tinggal ngecek rail map. kalo ngga mau ribet pake map2an segala, kita bisa cek di internet cara buat perginya. banyak situs yang menawarkan jasa pencarian jalur kereta (gratis), seperti yahoo, google, ataupun navitime. kita tinggal masukin dari stasiun mana kita berangkat dan stasiun tujuannya. nanti akan ditampilkan cara kita pergi, dimana mesti pindah kereta, atau kalo perlu naik bus, lengkap sama jam keberangkatan, jam sampai, perkiraan waktu dan biayanya. fasilitas ini juga sudah tersedia di handphone, jadi kita bisa cek kapan saja, dimana saja. ga ngerti tulisan jepang? jangan khawatir, situs seperti jorudan memungkinkan kita untuk input dalam karakter alphabet untuk mencari rute.

"trus dari stasiun gimana?"

nah, biasanya si tiap stasiun punya papan peta buat memudahkan kita cari alamat. sekali lagi, kalo ga mau ribet ya pake internet hehehe. bisa pake google map, atau yahoo map (?) tinggal masukin alamat, beres. ini juga fasilitas yang sudah umum di handphone handphone sini.

kalo masih bingung juga ya nanya deh ke orang2 di sekitar (jangan yang lagi keliatan buru2 ya...), biasanya ramah kok ^^, ato engga ya nanya di kantor polisi yang bisa ditemui di dekat stasiun.

nah yang bawa mobil pribadi gimana? mobil disini sih udah jarang yang ngga ada GPS nya. pas itu gw liat mobil pick up butut - kaya yang biasa buat ngangkut pasir, bahan bangunan dll - ja dah pake GPS. so kemungkinan kita buat nyasar juga bisa diminimalisir.

praktis kan?

emang sih ada yang mikir cara begini bikin interaksi sama orang sekitar kurang. tapi kalo di pikir-pikir, langka banget kan, yang dari nanya alamat bisa jadi temen ato relasi misalnya -kecuali udah niat dari awal-, ketemu juga paling sekali itu doang. atau ada yang masih fanatik sama cara transportasi jakarta, gw jg ga akan mendebat sih hehehe, mungkin dianggap lebih memacu adrenaline, atau lebih nyaman karena bisa sambil ngerokok ^^, tapi yang pasti sih gw berharap suatu saat nanti transportasi di jakarta bisa dibenahi... entah kapan.

1 comment:

Unknown said...

Makin aktif az neh, win, di blog, bener2, itu mank 1 point yang gue sering anggep remeh... Padahal zaman di Jakarta, uda sering dikaja muter2 ama supir taksi brengsek, pernah dipalak di mikrolet, kena pukul anak kampung di bajaj, ahhh... Indahnya Indonesia...