Sunday, August 31, 2008

KURO OBI

Iseng iseng nulis tentang film^^. gw abis nonton film yang judulnya KURO OBI; dalam bahasa indonesianya artinya "sabuk hitam". Dirilis tahun 2007, ini emang cerita tentang film bela diri, karate tepatnya. trailernya bisa di liat di sini.

OK, langsung aja. cerita di jaman awal pemerintahan Showa tahun 1931, jepang sedang giat giatnya melakukan ekspansi, oleh karena itu mereka membutuhkan banyak tenaga pejuang, dan juga tempat2 strategis untuk dijadikan barak militer. salah satu yang "beruntung " terpilih adalah Shibahara doujou. Shibahara doujou dipimpin oleh Eiken Shibahara sensei yang sudah berumur dan punya 3 murid yaitu Giryuu, Taikan dan Chouei. Shibahara sensei menolak perintah kempeitai(polisi militer) dengan alasan mereka memegang surat jaminan mereka bisa melanjutkan latihan karate di tempat tersebut. komandan kempeitai memilih merobek surat jaminan tsb, dan membuat Taikan emosi. Chouei terkena tebasan pedang kempeitai yang oportunis, pada saat dia berusaha menahan Taikan. akhirnya duel tidak terelakkan lagi. Taikan menghadapi para prajurit kempeitai dengan brutal dan tidak ragu mencabut nyawa lawannya. Di tengah duel, Shibahara sensei yang tidak setuju dengan cara Taikan, menggantikannya dengan Giryuu. Giryuu berbeda dengan Taikan. Dia hanya bereaksi saat diserang, serta menolak menghabisi Komandan kempeitai yang kalah total. akhirnya para prajurit kempeitai pulang dengan tangan hampa.

tidak lama berselang, Shibahara sensei wafat(karena usia) dan mewariskan sabuk hitam tanda kelangsungan karate mereka ke tangan tiga muridnya. Taikan tidak pernah bisa mengerti ucapan gurunya tentang karate. ia menganggap bahwa pertarungan harus sepenuh hati, harus sampai selesai. dia juga mengkritisi gurunya yang melarang mereka melakukan kumite -latih tanding. ia menganggap hasil latihan haruslah dicoba, atau semuanya sia sia.

para prajurit kempeitai datang lagi. kali ini mereka bertiga memilih mematuhi perintah dan menginggalkan doujou untuk bergabung dalam pasukan kempeitai. di tengah perjalanan mereka bertemu dengan anak komandan kempeitai yang pernah mereka hadapi. rupanya komandan kempeitai melakukan bunuh diri setelah kalah di tangan Giryuu, dan meninggalkan dendam di keluarganya. Giryuu yang merasa bersalah, membiarkan dirinya tertusuk dan jatuh ke jurang. Chouei dan Taikan melanjutkan perjalanan. sampai di markas mereka dijadikan pelatih kempeitai. Taikan melatih kempeitai dengan caranya sendiri, termasuk melakukan kumite yang sebelumnya dilarang oleh sensei mereka. bos kempeitai punya rencana lain terhadap Taikan. dengan umpan sake dan wanita, dia berhasil menjadikan Taikan sebagai mesin pembunuh untuk mengakuisisi doujou2 yang lain. Giryuu sendiri tidak mati. ia diselamatkan keluarga petani miskin yang punya banyak hutang.

Pada akhirnya Taikan jatuh ke kebimbangan hati. ia merasa perlu membuktikan omongan gurunya salah; jalan yang ia pilih benar; dan ialah yang paling pantas mewarisi sabuk hitam. Mendengar Giryuu masih hidup membuat Taikan merasa perlu menyelesaikan masalahnya. Giryuu sendiri juga bimbang dengan jalannya. ia masih merasa bersalah karena tidak menghabisi komandan kempeitai yang akhirnya bunuh diri. mereka akhirnya bertemu dan berduel untuk mencari jalan kebenaran yang ditunjukkan gurunya, juga menentukan siapa yang pantas mewarisi sabuk hitam.

Meskipun judulnya Kuro Obi, film ini lebih menekankan pada pencarian kebenaran, juga pemahaman terhadap karate itu sendiri. alur ceritanya juga bukan yang "super twisted", berputar2 dan kompleks. Film ini juga jauh dari yang namanya special effect. Jangan berharap ada tendangan melayang ala bruce lee, gerak slow motion super lentur model matrix, atau duel yang membuat sekelilingnya porak poranda seperti di film2 laga. pertarungan di film ini dilakukan oleh para karateka betulan dan dengan gerakan2 karate yang sesungguhnya. Giryuu, Taikan dan Chouei masing masing diperankan oleh Akihito Yagi, Tatsuya Naka dan Yuji Suzuki yang pada kehidupan nyata, mereka adalah pemegang sabuk hitam karate betulan. Akihito Yagi adalah pemegang sabuk hitam Dan 5 (tingkat lima) yang juga seorang instruktur International Meibukan Goju Ryu Karate. Tatsuya Naka adalah pemegang sabuk hitam Dan 6 yang juga instruktur Japan Karate Association General Headquarters. sedangkan Yuji Suzuki memegang sabuk hitam Dan 1.

Gw nemu tempat untuk nonton online di link ini. sayangnya dalam bahasa jepang dan subtitlenya bahasa mandarin, plus streamingnya juga lemot. gw belum coba cari pake torrent sih, males mau download hehehe. rasanya film ini worth to watched ^^, terutama buat yang sedang mendalami bela diri. ada pesan2 moral yang bisa didapat dari situ.

4 comments:

AdeLheid said...

berat nih...
huahuaha...
eh tipinya minggu depan harusnya si OK kalo ga ada halangan, tapi gw gimane bawa pulangnyo ya???
Y___Y

Edwin Kurniawan said...

hahaha, gimana ya... barangna gede ga ya...pikirin ntar deh, mana tau bisa dikasi anter sama si tante huehehehe

Ravi said...

kuro obi bukannya opis boy yang kerjanya lelet yah?
Kuro-kuro kali tuh :p

Edwin Kurniawan said...

kuro kuro? what the **** is that??
bagu denger, belajar dimana tuh bang?