Monday, August 25, 2008

Adeona, si Dewi Kembali Selamat

Mohon maaf atas judul yang kayanya bukan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan ejaan yang kurang di sempurnakan. kali ini cerita tentang sebuah software yang namanya Adeona.

Dikutip dari official websitenya si Adeona tadi, nama Adeona diambil dari salah satu nama dewi Romawi, yaitu goddess of safe return. Nah, gw bingung mau nerjemahin ke Bahasa Indonesianya, jadi ya tulis jadinya gitu deh, jadi si "Dewi Kembali Selamat". anyway, gw bukan mau bahas terjemahan inggris ke indonesia, tapi tentang sebuah software yang kabarnya bisa dipake buat nge-track eksistensi laptop yang hilang di curi.

Software ini adalah software bikinan team of computer scientist dari Universitas Washington. di kasi nama Adeona karena harapannnya bisa ngembaliin laptop yang hilang karena di embat maling sial. cara Kerjanya adalah si laptop yang sudah diinstall Adeona (software client) ini akan mengirim data seperti IP address dan Topologi jaringan ke sebuah open Source OpenDHT distributed storage service. Harapannya data yang dikirim ini bisa menjadi sebuah hint dalam penelusuran keberadaan laptop yang hilang. software ini juga meggunakan metode enkripsi yang kuat dan menjamin data yang tersimpan di openDHT adalah anonymous dan unlinkable. Satu lagi, buat pengguna Apple Mac, si Adeona ini juga akan mengambil gambar dari kamera yang terpasang di laptop dan ikut di kirim ke openDHT tersebut.

Ada dua hal yang membuat software ini menarik. pertama, Adeona adalah open source, yang artinya software ini percuma alias gratis dan bisa dipake dan di kembangkan oleh siapa saja, tanpa pandang bulu. Yang kedua, adalah masalah privacy. Si pembuatnya membandingkan software ini dengan software komersil yang sekelas semacam LoJack.Pada dasarnya software2 ini punya cara kerja yang sama; kalo ada intenet trus ngelink, dan kirim kirim data. hanya saja software komersil model begini mengirimkan data ke monitoring center, yang tentu saja bisa dilihat sama pihak produsen softwarenya (soalnya yang nge track data itu adalah si produsen software). sedangkan Adeona menjamin bahwa data yang tersimpan di OpenDHT hanya bisa si akses oleh si empunya laptop tersebut.

Adeona sendiri bukan tanpa cacat. software sekelas LoJack terinstall di sistem BIOS yang artinya dia ngga akan kepengaruh meskipun hardisk laptopnya mau di install OS baru kek, mau di format kek atau mau di ganti sekalipun. si Adeona masihlah software konvensional yang terinstall di hardisk, dan dengan gampangnya bisa di uninstall. Si pihak pembuat Adeona sendiri juga mengakui kalo software ini masih dalam tahap pengembangan. Pencuri yang punya skill akan dengan mudahnya mengenyahkan si Adeona ini dari laptop yang mereka curi, seperti misalnya si Adeona ini ngga punya mekanisme untuk menyelamatkan diri dari penghapusan data hard disk.

Saat ini Adeona cuma tersedia untuk laptop. Tapi si pembuatnya berjanji untuk mengembangkan juga aplikasi ini untuk device lain semacam iPhone.

Nah, buat para pemegang laptop, meskipun ada software macem gini, ga jaminan kalo laptop ente ilang bisa balik lagi. paling bagus ya jaga sendiri laptop kesayangan dengan baik baik, kecuali emang udah pengen di lem biru. naruh laptop jangan sampe lupa sendiri. kalo laptopnya ilang gara gara di rampok, apalagi ada adegan berantemnya sih masih rada keren kedengerannya, cuma kalo ilangnya gara gara ketinggalan dimana gitu.....sakiiiiiit.... huehehehehe

No comments: