Sunday, August 17, 2008

awww, mata ikan (lagi)....

Musim panas datang, kontrak dengan klien selesai, gw kembali taiki (nunggu kerjaan baru) di Yokohama. Baru tiga hari, gw ngerasa nyeri di kaki sebelah kiri. Setelah gw liat liat, ternyata di telapak kaki kiri gw muncul daerah putih kaya kapalan, dan ternyata kalo kena tekanan lumayan nyeri. "waduh kena mata ikan (lagi) nih" pikir gw. langsung deh gw buru buru ke 薬局 (yakkyoku - toko obatnya jepang) n beli plaster buat si mata ikan ini.

Sebenernya ini bukan kasus pertama gw kena mata ikan. Gw cukup "berpengalaman" sama yang satu ini. Pas masih kuliah gw pernah sekali kena mata ikan. berhubung waktu itu ga tau, gw biarin aja, dan ternyata makin lama makin lebar n ngrembet kemana mana. karena gw dah ga tahan sakitnya lagi, akhirnya gw ke dokter n si dok ini bilang kalo gw kena mata ikan alias clavus. Waktu itu si mata ikan ini udah beranak cucu, jadi ada beberapa gitu n si dok nyaranin gw operasi, tapi satu dulu. Akhirnya gw operasi n gw dapet lisensi buat libur selama 3 hari kerja ^^. Nah, pas gw lagi terkapar, ada temen gw dateng n bilang, "kalo ginian mah ga usah operasi, ada obatnya kok, kaya plaster gitu" n besoknya dia bawain tuh plaster n gw coba buat mata ikan yg lain yg masih sisa, ternyata manjur.

Setelah gw sembuh total, gw pikir si mata sial ini ga bakal nongol lagi. Ternyata gw salah. Pas gw baru barunya nyampe jepang, gw kena mata ikan lagi. Baru nyampe, mau ke dokter takut ga cukup duit, mau cari obat sendiri ga tau bahasa jepangnya mata ikan. akhirnya gw cari2, ketemu kata たこ(tako) di kamus. Entah bener ato ga, peduli amat, langsung gw pergi ke toko obat n nanya "ada obat buat tako ga?" sama mas mas yang jaga, n ternyata ada! bentuknya juga plaster mirip sama yang g beli di indonesia. tako sendiri sebenernya artinya kapalan. Nah, si mata ikan ini punya official name "魚の目" (uonome)、artinya bener2 persis kaya bahasa indonesianya : mata ikan. Akhirnya beres juga masalah gw ini.

saking seringnya gw kena mata ikan (sampe tiga kali), gw jadi penasaran, ini sebenernya mahkluk apa sih? dengan bantuan mas google, gw nemu beberapa artikel mengenai si mata ikan ini. Ternyata penyebab si mata ikan ini adalah gesekan dan tekanan yang terus menerus. Kasus paling banyak terjadi karena masalah sepatu, seperti sepatu ga nyaman, pake hak tinggi, atau kesempitan. Kalo dipikir2, pas kuliah dulu, gw kena mata ikan setelah seminggu pake sepatu kerja punya org lain yang emang agak2 sempit (biasanya gw cuma pake sepatu sport). Pas baru nyampe jepang, gw belum biasa pake sepatu kerja. Yang terakhir gw pake sepatu kerja lagi setelah 4 bulan di klien gw kebiasa pake sepatu sneakers (bener ga tuh tulisannya). Bisa jadi ini biang keladinya.

Disamping itu ternyata ada fakta yang bikin gw sedikit deg serrr...
Mata ikan ini juga bisa merupakan pertanda dari diabetes. biasanya yang ini ga nyeri, tapi malah meluputkan perhatian kita dari luka yang bisa timbulkan sama dia ini, bisa sampe infeksi segala malah katanya. well, ngelihat bodi gw yang sekarang sih mungkin2 aja gw kena, apa lagi ada sejarahnya di keluarga gw ada yang kena diabetes, tapi sih mudah2an enggak. Sampe sekarang sih masih ga luka, n masih sakit, jadi (mungkin) masih aman hehehe, ntar deh kalo ada kesempatan, gw cek deh.

5 comments:

AdeLheid said...

wakkakak ternyata ga cuma gw.
Gw kapanan tu ampir kena juga win.
gw tetesin obat-nya trus gw peretelin, abis gara2x liat di inet ternyata serem banget ya...
mknya kalo kapalan kudu rajin2 dibersihin...dr fish emang paling cycok deh....

Edwin Kurniawan said...

iya, gw serem ama yg terakhir tuh...

Unknown said...

hahaha....jadi inget kapannnnn gitu dulu saat qta masih di binus, mengabdi di lab yang sama (ceilehhh), gw nemenin lu muter2 nyari obat mata ikan lu itu di daerah binus (barengan ama iwan & endra juga klo gak salah inget). wakakkaka kaco2. klo gak salah inget lagi, itu waktu qta lagi bikin2 modul display 7segment yang buat lustrum binus itu lhoo...trus sambil cari2 kayu buat casing, sekalian qta nyari obat mata ikan...wakakakakka...ternyata tuw mata ikan ngikutin lu ampe jepang, ckckkckck....

Edwin Kurniawan said...

iya tuh si mata sial, aneh aneh wae

Unknown said...

Kak